Wednesday, March 2, 2011

{ Potty training }

Udah seminggu nih si kriwel (19m) bebas diapers dari pagi sampe sore, kecuali mo pergi aja. Jd cuma mo tidur aja pakenya, itu jg diselingin kdg pake clodi. kdg diaper Soalnya sebelumnya 3 hari berturut2 diaper kok kering trus yha klo dipake, malem jg gitu. Gw pikir mungkin udah saatnya toilet training nih...

Toilet training apaan sih?? Menurut si bu dosen Siti Mufattahah, S.Psi (Psikolog dan staf pengajar jurusan psikologi GUNADARMA, Toilet training adalah cara untuk melatih anak agar bisa mengontrol buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB). Dengan toilet training diharapkan dapat melatih anak untuk mampu BAK dan BAB di tempat yang telah ditentukan. Selain itu, toilet training juga mengajarkan anak untuk dapat membersihkan kotorannya sendiridan memakai kembali celananya.

Sebenernya zara udah mulai gw biasain masuk toilet utk pee/pup sejak 7mos. Udah dilatih duduk ditoilet. Tp krn toilet dewasa, bukan khusus utk baby, jd emaknya duduk jg megangin dibelakangnya. Klo siang krn ga melulu dipakein diaper (kasian biar 'istirahat'), jd emaknya mesti rajin ngajak ke wc. Klo bahasa jawanya ditatur. Klo kecolongan sih udah sering banged gara2 emaknya kelupaan alias males hehe... Pas umur 1th gw beliin soft potty seat motif spongebob, biar belajar duduk sendiri *telat sih* tinggal ditaro diatas dudukan wc biasa aja. Tp tetep yha mesti diawasin...kyak gini penampakannya. Bisa dibawa travelling jg.

si potty seat zara 'spongebob'
Toilet/potty training versi me :
~ Gendong/ajak ke toilet sesering mungkin "Pipis dulu yuukk sama mami" kdg berontak sih, tp klo kita bicara pelan2 dia nurut jg kok. yang penting jangan dipaksa...
~ Kasih pengertian trus menerus "klo mau pipis bilang mi pipis... atau... klo mo pup bilang eek yha" sesering mungkin, berkali kali, klo kecolongan pee/pup dicelana gpp, kan proses, yg penting telaten & sabar!! krn belum lancar ngomongnya kdg cuma manggut2 aja dia.
~ Klo mo pee dipancing biar keluar, dikelitikin udelnya ato miss V nya dikucur air, taraa.. ngucur jg...
~ Klo utk pub lebih gampang, biasanya zara ngasih salah satu sign ini : pasang muka merah & ngejen, mondar mandir ga jelas, jongkok di pojokan, kentut disertai bau menyengat, oow...it's poop time. Lgsg deh  bawa ke wc, celana atau klo pake diaper gw buka trus didudukin di toilet, dan berhasil....
~ Klo pake acara ngamuk di wc, emaknya nyanyi2 & cerita ngalor ngidul, mainan bebek/bola/pancingan (bath toys) biar kepancing mo pee/pup. Lumayan it's worked...
~ Kasih pujian klo udah berhasil pup/pee dg benar "pinter dech anak mami pipis/pup di wc" sambil dikiss or ngacungin jempol
~ Kuncinya sabar... sabar & sabar... tapi namanya jg manusia boong klo ga emosi jiwa klo liat pipis di lantai, sofa, ato pipisnya ga kluar waktu di wc, tp pas dipake celananya malah kluar *aarrgghhh* tapi yg penting jg mukul dech, amit amit...

Nah gara2 kasus diaper kering itu, gw anggap dia udah gak pewe alias risih pee/pub di diaper. Jadi selama dirumah, jatah diapernya berkurang dech *mayan irit*.  Klo sekarang lebih gampang krn udah bs ngomong 'eek' (pup) or 'pis' (pipis). Pernah dia tepok2 bahu emaknya bilang "eek". Tapi kdg kumat2an, ga ngomong tau2 ngewezz... alias kecolongan pipis di celana. Pernah juga tuh pub nya berceceran dimana2, emaknya mungutin satu2 dari ruang tamu sampe ruang tipi. *hadeuuh*.  Pernah juga ditanya "zara mau pipis yha??" (gara2 liat gelagat girik2 kepalanya) dijawab geleng-geleng kepala. Tapi taunya 1 menit kemudian ngewezzz.... *tepok jidat*. Krn emang blum sadar keinginannya sendiri mau ke wc, kudu pelan2 dech, ekstra sabar....

Makanya nih emaknya mesti peka tiap 2-3 jam sekali ngajakin pipis (sekarang interval pipisnya ga terlalu sering), sebelum tidur siang, sebelum tidur malem, pas bangun pagi., mau mandi, bis makan. Tapi klo mlm belum dilakuin nih (masih pake diaper/clodi) 1. belum tega banguninnya, 2. males gantiin bajunya klo ngompol coz pasti klo ngompol basah kuyup 3. belum siap ada aroma pesing di kamar, bukan apa2 juga tuh kasur klo dijemur beraatttnya pooolll (ga punya perlak & ga ada sprei waterpoof jg).

Kepikiran makein training pants (celana ada layernya) buat ngajarin anak konsep BASAH dan TIDAK NYAMAN pipis dicelana, yg pada akhirnya ngajarin anak 'aware' bahwa dirinya pipis, dan trus berlatih supaya sebelum celananya basah, ia mesti ke toilet, at least klo kecolongan jg pee-nya ga kececeran kemana2, msh bisa ketampung sebentar sebelum ke wc. Motifnya cute ^_^ bisa dipake sehari2 jg krn bentuknya kyak cd biasa aja.
 Oia, ini ada tips toilet training dari  www.balitasehat.net
  1. Pastikan balita siap. Umumnya balita bisa diajak toilet training setelah otot-ototnya mulai dapat mengontrol kandung kemih pada usia di atas 18 bulan. juga ditandai dengan kesiapan emosi, fisik dan psikologis di usia sekitar 2-3 tahun. Tanda-tandanya antara lain, dapat duduk tegak, bisa kering dalam 2-3 jam, dapat membuka-memakai celana, bisa memahami intruksi sederhana dan sudah bisa mengatakan keinginannya.
  2. Biasakan kegiatan kamar mandi. Mulai kenalkan dan biasakan ia pipis dan buang air besar (BAB) di pispot atau potty chair. Biarkan ia memilih agar ia suka menggunakannya.  Perlihatkan ketika Anda membuang dan mem-flush kotorannya dari popok di kloset. Ajak ia ketika Anda menggunakan toilet supaya ia makin paham perlunya toilet. Ceritakan secara sederhana cara pipis dan bab serta proses memakai pispot atau toilet, jelaskan tentang alat kelamin dan fungsinya, bacakan cerita atau dongeng tentang pispot, dan belikan ia celana dalam seperti layaknya anak sudah besar.
  3. Atur jadwal. Mengatur asupan cairan dan makanan ke tubuh balita diperlukan untuk mengatur interval ke kamar mandi. Amati jadwal siklus pipis dan buang air besarnya, misalnya ia biasa pup sekitar jam 9 pagi dan pipis 1 jam sekali. Siklus pipis dan bab ini memudahkan Anda mengajaknya menyalurkan dorongan bak dan bab di tempat dan waktu yang tepat.
  4. Konsisten. Pastikan pula pengasuh anak mampu secara konsisten melaksanakan pelatihan yang Anda terapkan sehingga tidak terjadi kebingungan. Beri informasi lengkap dan detil mengenai kebiasaan dan jadwal pipis dan balita. Konsisten membimbing balita akan membuatkan cepat paham dan maik trampil memakai toilet.
  5. Pakai cara seru. Lambungkan kreativitas Anda untuk mengajak balita melakukan toilet training agar lebih seru. Anda dapat memasang obat khusus yang tidak berbahaya untuk membuat air di kloset menjadi biru, memasang papan target untuk balita menempel stiker tanda berhasil memakai pispot/toilet dengan benar. Atau menempatkan boneka favorit sebagai teman ketika pipis atau pup, dan cara lainnya. Agar ia gebira dan selalu bersemangat melakukan toilet training.
  6. Beri pujian. Rayakan bila ia berhasil melakukan pipis dan pup dengan benar. Hadiahi dengan pujian. Jadikan hal toilet training sesuatu yang penting dan terbaik dalam hidupnya. Kalaupun terjadi ‘kecelakaan’ hindari untuk menhukumnya, katakan saja Anda tidak suka. Wajah marah dan kecewa Anda, hanya akan membuatnya takut dan malah lebih sering tidak mau mengatakan bahwa ia ingin pipis atau pup.    
btw, hr ini zara ulbul.. Happy 19m my kriwel....

4 comments:

  1. Wah..pinter nih Zara TT nya. Membimbing anak proses TT emang kudu sabar ya mam. Met ulbul ya sayang, semoga sekalu sehat dan makin pinter :-)

    ReplyDelete
  2. @BunDit : iya bun tahap proses nih... makasih ya bun, salam buat kk dita cantik...

    ReplyDelete
  3. Mbak, izin add your blog in my blogroll yach...

    ReplyDelete

Nice to read your comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...