Wednesday, April 24, 2013

{ Outing class : KidZania }

Rabu kemaren sekolah zara ngadain fieldtrip ke KidZania. Klo ada acara beginian, anak - anak PG wajib didampingi orang tuanya, kalo anak TK sebenernya ga boleh didampingin orang tuanya. Tapi teteup maknya banyak yang ngikut juga. Eike udah pasti donk ikut, tapi bayar sendiri cinn 150k. Tadinya zio mau diajak juga, tapi kan si teteh mesti ikut juga tuh, rugi ah bayar dobel, mending dirumah aja dah #emakpelit. :P Jauh-jauh hari udah nyetok deh tuh ASIP 4 botol buat zio ditinggal seharian.

Penasaran juga sama si Kidzania ini, maklum kali pertama kita kesini. Ternyata kidzania itu macam replika real city versi anak-anak, ada jalanan, gedung & transportasi yang lalu lalang di jalanan. Anak-anak bisa bermain peran profesi kyak beneran seperti jadi dokter, pilot, perawat, petugas pemadam kebakaran, dll. Maknya takjub ngeliat tempat main anak-anak kyak kidzania ini, coba jaman gw dulu ada beginian....

Jadi di kidzania ini ada sesi jam masuknya. Ga bisa sembarangan masuk. 
Senin - kamisSesi pagi 09.00 - 16.00
Jumat, sabtu, mingguSesi pagi 09.00 - 14.00 dan sore 15.00 - 20.00

HTM dewasa  Rp 90.000/orang 
Anak-anak 2-3 tahun Rp 50.000/anak
Anak-anak 4-16 tahun Rp 130.000/anak

Berangkat dari sekolahan naik bis sampe sana jam 8an lewat. Karna kita rombongan jadi ada yang mandu, dikasih gelang pengaman gitu satu-satu sebelum masuk ke area. Oemji dilobby Pacific Place itu rameee rombongan anak sekolahan juga cinn. Ga kebayang didalem kayak apa. Dan benar aja donk ngantri kyak di dufan. 
busmate zara, si yasmin
kehebohan mak & anak-anak waktu dipasang gelang
Jadi pas kita masuk gitu, anak-anak dikasih cek yang bisa dicairin jadi uang kidzos di bank BCA. Uangnya nanti bisa dipake buat belanja di KidZania Departemen Store, naik taxi/bus, ke salon atau ke gym. Kalo mau dapet uang mesti kerja dulu. Tiap profesi yang mau kita masukin punya rules yang beda-beda, ada batasan umur/durasi/besarnya gaji/jumlah anak tiap sesi. Rata-rata sih durasinya 15 - 25 menit lah, dan pendamping dilarang nemenin masuk waktu anak-anak lagi proses. Oh iya disini kita ga boleh bawa makanan/minuman kemasan kecuali makanan bayi. Kalo ketauan udah pasti disita. Jadi bawa airnya di botol minum aja.

Banyak sih yang bisa dimasukin buat anak umur 4t keatas. Tapi karna kemaren itu mayoritas penuh antrian rombongan anak sekolah lain, eike + guru2 zara bingung mau yang mana duluan saking banyaknya. Akhirnya kita ke lantai 2 dulu yang mana itu banyak permainan lucu-lucu. Ada library, gardening, beauty salon, tailor, pekerja pabrik yang nantinya dapet gaji + dapet produk sponsornya juga.

Eh nemu tempat disco yang sepi antrian, masuklah kita, ceritanya anak-anak performance disco diiringi lagu gangnam style. Diantara temen-temennya, cuman zara aja tuh yang nikmatin, joget-joget, udah familiar banged soalnya, yang lain masih agak kaku & malu-malu. Yeaayy abis itu dapet gaji pertama!
Abis itu ngantri di pabrik Silverqueen, ini pun ngantri lamaaa banged, zara kekeuh minta ke pemadam teruss, padahal pas kita lewatin tuh profesi, antriannya masyaAllah, panjangggg benerrr.... Akhirnya yaudah eike misah dari rombongan aja, zara ngantri sendirian di pemadam. Lumayan cinn ngantrinya ada kali 1 jam. Ini profesi favorit banged, padahal gajinya paling kecil cuma 1 kidzos. Tapi eike tau kenapa pada suka, soalnya bisa muter-muter naik mobil pemadam yang sirinenya khas banged, trus nyemprot pake air ceritanya madamin gedung yang kebakaran. Sempet drama, udah capek-capek ngantri tiba-tiba mewek ga mau ikutan, minta ditemenin. Hadeehhh... setelah dirayu  pulauan kelapa akhirnya mau ikutan juga, yang penting maknya ga ilang aja dari hadapan dia.
Abis itu lanjut jadi petugas pom bensin, gara-gara liat tulisan pertamina, mau kerja kyak papi katanya, eerrrr bukan di pom bensin kali kak :P. Trus mau nyetir mobilnya, tapi zara belum punya SIM jadi belum boleh.

Abis jadi petugas pom bensin, zara jalan-jalan keliling kota naik taxi blue bird mini, bayarnya 5 kidzos. Kan kaka udah kerja yah, jadi punya uang. Naik taxi sendirian, gara-gara temennya nangis mewek ga mau ikutan.

Abis itu makan siang bersama, dan waktu kita udahan dari makan, nglewatin sekolah modelling, ga ada antrian cinn, ehh zara diajakin kesitu ga mau dia, padahal lucu didandanin trus jalan dicatwalk difoto juga lagi, ntar fotonya bisa dicetak kalo mau. Zara emang ga doyan klo yang cewe2 gitu, dia lebih seneng yang aktivitas fisik. Ditawarin les balet sama taekwondo aja lebih milih taekwondo, eerrrr....

Trus lanjut ke pabrik mie sponsor by indomie. Sempet drama lagi ga mau masuk, padahal udah lama ngantri bok, dia maunya duduk di depan, tapi karna udah keduluan temennya ga kebaagian deh. Sempet mau digantiin orang lain, untungnya kaka akhirnya mau juga. Disini belajar cara bikin mie instan. Tepung yang udah dibentuk jadi mie trus dimasukin ke mesin, tau-tau keluar udah jadi indomie :D Eh zara bisa loh make alat pasta itu (emaknya aja blom pernah pake). Mie ini natinya buat souvenir, dimasukin ke balon yang dipompa, mayan buat oleh-oleh eyang mama :D
Eike pusing ngeliat antrian yang ga ada habisnya, maknya capek ngantrinya, mana anaknya kadang ga betah ngantri lama-lama, ga crangky juga sih dia. Maknya ga fokus kepikirian zio mulu lagi, takut rewel gara-gara baru kali ini ditinggal dari pagi ampe sore, takut ASIP ga cukup. Nemu stand jadi petugas cat yang antriannya sedikit, nah pas antri ngeliat stand dentist didepannya persis lagi sepi ga ada antrian, tapi zara ga mau lagi, eeerrr.... Tuh zara cewe sendirian lagi, dikasih cat warna pink, entah itu dia yang minta apa dikasih masnya ya? Senenglah dia ngecat-ngecat gitu.
Ga kerasa udah jam 3 aja, baru masuk 5 profesi aja. Sebenernya masih ada waktu 1 jam lagi, tapi karna si emak parno kepikiran zio mulu, soalnya BB & tab saya koit smua, ga bs telp rmh, apes dehh, takut kesorean klo ngikut bis, soalnya mesti ntar kumpul bisa ngaret sampe jam setengah 5, belum ntar klo macet, mau sampe rumah jam brapa?? akhirnya memutuskan cuzz duluan naik taxi ajah. Sebelum pulang beli Pizzania dulu, buat cemilan di taxi. Kalo ini bayarnya pake duit asli yha bu. Mayan pizzanya enak empuk. Alhamdulilah ga macet & nyampe rumah jam 4 disambut hujan derasss. Untung ga ikut bis yang ternyata sampe sekolahan itu magrib. Legaaa.... 

Hwaaaa belom puassss, masih banyak yang belum dimasukin. Sisa uangnya disimpen buat kesana lagi. Tempat main anak ini emang bagus banged, mengenalkan anak berbagai macam profesi dunia nyata, yang mungkin bisa jadi referensi salah satu cita-citanya. Mengenalkan anak konsep earn & spend money. Belajar sabar antri, pokoknya edutaiment sekali. Kapan-kapan kita kesana lagi yuukk kaka, tapi kalo ngeliat antriannya bikin males, zzzzz.....

No comments:

Post a Comment

Nice to read your comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...