Tuesday, September 6, 2011

{Mudik #5 : Ambarawa}

Next mudik trip, Ambarawa! #EdisiJalan-Jalan. Kali ini ke Museum Kereta Ambarawa, karna zara seneng banget naik choo choo (read : kereta api). Perjalanan semarang - ambarawa kira2 1,5 jam. Agak macet sedikit sih krn masih hawa2 arus balik. Tapi nasib sampe sana ternyata kereta api wisatanya ga bisa operasi, artinya ga bisa dipake buat keliling gunung :-(Yaaahh kecewa sangad, udah jauh2 padahal. Tapi akhirnya masuk juga sih daripada ga dapet apa2. Karna pengumuman itu, jadinya tarif masuk diilangin alias gratis.

koleksi museum
Museum KA ini dulunya stasiun KA ambarawa yg dialihfungsikan menjadi museum. Sayang banget museumnya kurang terawat, padahal bisa jadi potensi parawisata bagus. Masuk ke area ini kyak flashback ke jaman dulu. Bangunannya kuno jaman belanda, banyak foto2 sejarah perkeretaapian indonesia jaman doeloe,  peralatan2 kuno kyak telepon, mesin tik, peralatan komunikasi jadul yang masih tersimpan baik di etalase kaca & beberapa pajangan lokomotif hitam tua yang udah ga berfungsi lagi. Aaaagghhh...bener-bener sayang ga bisa ngerasain naik lokomotif tua....

Info detail sejarah tentang museum KA ambarawa ini bisa baca disini

Lanjut dari sini makan siang di Mang Engking. Saya baru tau di semarang ada mang engking, ternyata baruu. Klo yang udah pernah makan di mang engking udah pasti tau model restonya kyak gmn, cuma yg di semarang ini keliatan dari depannya sekilas bukan model khas mang engking yg gubug2 gitu. Soalnya model depannya bangunan modern kuno gitu, tapi masuk ke dalam lagi baru keliatan dech gubug2nya.
Saya udah pernah nyobain mang engking depok, prabumulih, jogja, dari kesemuanya yg paling bagus disini. Duuu duu du... tempatnya keren pisan, asri & bersih #MantaapGan. Jadi disini tempatnya bertingkat gitu. Bagian atas model table, turun ke bawah model gubug2 gitu & sedikit table. Viewnya pemandangan gunung ungaran & hamparan sawah, klo diliat dari atas TOP!! Gubug2nya khas model apung yang ada diatas kolam ikan. Airnya jernih, jadi keliatan banget ikan koinya.... Sayang lesehannya full, jadinya makan di table deh.
 Ada yang unik disini, deket pintu masuk ada piaraan owner 2 harimau benggala......



GUBUG MANG ENGKING
Jl. Diponegoro 249 Ungaran
Semarang Jawa Tengah
Telp. (024) 76911888, Fax. (024) 76911999
Email : gmme_semarang@yahoo.co.id




No comments:

Post a Comment

Nice to read your comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...