Saturday, April 16, 2011

{ Datang bulan, finally! }

Alhamdulilah.... akhirnya dapet haid jg setelah zara 20 bulan. Lama banged yak boo.. Sebelumnya udah bingung, takut kok bisa lama banged yha dapetnya?? Sebelumnya emang belum pernah kontrol dsog, ntar2 mulu hawanya males, tapi alhamdulilah datang bulan jg minggu kemaren, tinggal sisa2 aja sekarang. Gw belum tau sih kenapa gw bs dapet haidnya lama krn blum konsultasi jg, nyokap gw tanyain baru dapet mens lagi setelah 1 taun, temen2 gw jg rata2 cepet kurang dari 1 taon, mereka ASIX jg. Cuma gw doank nih yg lama bettt... padahal gw belum KB jg -__-

Dari info yg gw baca disini
Menyusui dengan ASI eksklusif merupakan salah satu metode ber-KB alami. Dalam bahasa medis disebut MAL (metode amenorea laktasi). Menurut dr.Asti Praborini, Sp.A, MAL adalah kontrasepsi yang mengandallkan pemberian ASI pada masa menyusui bayi. Cara kerja MAL serupa dengan metode kontrasepsi hormonal, yaitu menunda atau menekan ovulasi atau pelepasan sel telur. Jika seorang ibu ingin menggunakan MAL, ada tiga kriteria utama yang harus dipenuhi agar berjalan efektif. Kriteria itu antara lain, memberikan ASI secara eksklusif, ibu belum mendapatkan menstruasi, dan bayi belum berusia enam bulan.

Efek kontrasepsi dari menyusui ini berbeda-beda masanya. Ada yang kembali haid setelah satu bulan berhenti menyusui. Ada juga wanita yang harus menunggu berbulan-bulan lamanya sampai akhirnya haid datang lagi. Namun begitu, pada beberapa kasus ada ibu menyusui yang "kecolongan". Jadi haid yang tak kunjung muncul itu bisa saja karena ibu telah hamil lagi.
So, karena gw udah haid lagi & gw ga KB cuma pake "KB alami", jd mesti "hati-hati", takut hamil diluar rencana, plan hamil ke-2 baru dimulai klo zara udah 2-2,5 taun ^__*. Untungnya papi manut & sepakat , padahal dia ngebet bgt bikinin zara adek lagi, whaadd?? ga tau apa yha klo biaya sekolah mahalnya minta ampyunnn... banyak anak banyak rejeki?? Not! bukan prinsip gw banged tuh, tapi gw yakin anak punya rejekinya masing-masing, tapi menurut gw kita sebagai parents mesti prepare keuangan klo mau punya anak lagi, uang buat sekolah pastinya! baca postingan emak2 blogger ttg uang pendidikan 1 anak aja udah pingsan, salah satunya di blog mama ZK. Makanya klo sekarang klo mau punya anak, no hadong hepeng....

No comments:

Post a Comment

Nice to read your comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...