Wednesday, May 18, 2011

{Zara berhasil disapih}

Udah 1 minggu ini zara udah ga nenen lagi alias disapih. Belum 2 taon padahal, tepatnya 21 bulan. Ini diluar rencana saya yang pengen nyapih pas zara 2 taon *bukan gara2 hamil lagi lohh* Semuanya berawal waktu payudara saya luka. Saya kasih plester kecil, saya ga kepikiran kalo nanti zara pas nenen bakalan takut. Pas mau nenen dia liat plesternya & ngomong "ihhh... atit"  trus dia ga mao nenen. Ga pake acara marah2 ato ngambek segala sih, dia malah milih maen. Langsung dech kepikiran saya sapih aja sekalian. 

Dan saya udah siap mental & fisik klo mesti begadang dan  mewek2....


Hari 1 (10 mei) 
Biasanya abis sarapan bobo, ini bablas alias ga bobo. Bobok siang bablas. Seharian dia ga minta nenen. Pas saya iseng2 tawarin enen (=nenen), dia geleng-geleng katanya "atittt". Untungnya ada keponakan yang lagi nginep di rumah, jadi ya seharian zara maen sama sepupunya, nonton DVD, ga ada muka cape/ngantuk sama sekali yang ada dia seneng banged. Suprised, napsu makannya gila-gilaan, ga berhenti ngunyah, semua di makan, yang tadinya ga suka dilahap juga #laper ato doyan. Kata nyokap, klo anak disapih emang gitu, jadi doyan makan. Tadinya sih saya mau nyapih bertahap, nenenin pas malem aja, tapi zara tetep ga mau padahal tuh plester udah saya copot.

Sukses bobo malem tanpa rewel sambil liat DVD barney, dinyanyiin, dipeluk, ditepok2, dielus2 kepalanya. Tidurnya gelisah, grasak grusuk, nangis kenceng tapi bentar, ditepok2 dinyanyiin ga mempan, alhasil digendong sambil dangdutan (digoyang-goyang) pake jarik merem lagi, begitu trus ampe 3x #huuffh. Si papi tetep tidur donk, sengaja ga mau bangunin, kasian pagi2 mesti berangkat kerja. Saya masih bisa ngatasin sendiri kok. Walopun jatah tidur saya jadi 4 jam ajah. Bangun tidur iman saay goyah, saya nawarin enen, ternyata dia mau nenen, tapi cuma sebentar banged ga ada 5 menit, langsung kabur minta maen.

Hari 2 (11 mei)
Udah bisa bobo abis makan pagi, pastinya sambil liat DVD, ditepok2 dielus2. Wihhh makannya super banyak. Like this!! Tengah malem jam 12 bangun, gelisah, tapi ga pake nangis, digendong serba salah, Akhirnya diem setelah disetelin DVD pooh. Melek ampe jam setengah 3, dia bobo sendiri lagi. Bangun siang dech.

Hari 3 (12 mei)
Udah ga minta enen. Bisa bobo siang sendiri. Teteup makannn trus... sedikit2 mau minum mimi 1 kotak (=UHT mimi). FYI : zara masih susah klo disuruh minum susu, UHT mayan mau, sufor ga mau. 1 kotak perhari aja udah bagus. Dibuatin susu dibotol, malah disuruh buang ke WC, disuruh ganti air putih #gubrak. Ga begadang lagi kalo malem, bangun2 sih pas malem tp ditepok2 langsung bobo lagi.

Hari 4 (13 mei)
Sukses bobo malam tanpa bangun2. Tapi jam 4 subuh minta anum (=minum air putih) eehh bobo lagi.

Hari 5 (14 mei)
Seperti hari kemarin sukses bobo malem tanpa bangun2 & minta nenen. Jam 5 bangun minta tutu (=susu), karna mimi abis saya kasih sufor. eh ga disangka mau ampe abis 100ml, alhamdulilah...

Hari-hari berikutnya pun sukses & senengnya ada kemajuan udah mau mimik susu min.1 hari 300ml *hoorrayy*. Jadwal bobonya jg udah mule teratur. Minimal bisa bobo siang ato bobo bis makan pagi. Klo bobo keduanya udah pasti ga bisa. Alhamdulilah proses weaning with love plester berhasil saya lewati lancar & ga terlalu susah. Zara juga ga begitu rewel. Kayaknya memang zara udah siap disapih terbukti dia ga minta nenen seharian, disodorin pun ga mau, dan saya pun totally siap & ikhlas. Tapi jauh-jauh hari sebelum proses weaning ini, sudah sering saya doktrin pake kata-kata ajaib para ibu yang menyapih : "Nenen itu buat dedek bayi, kalo anak besar (kyak zara) nggak nenen tapi minum susu" jawabnya dulu cuma iya ngangguk2 tapi nenen jalan trus...

Walaupun 4  hari pertama saya sangat tersiksa karena payudara  membengkak & sakit banget, sedih karena udah ga ada 'nenen time' lagi, pengen nangis klo inget masa2 menyusui dimana saya sangat happy ketika mata kecil itu menatap saya saat menyusui, tapi saya ikhlas karena itu proses yang memang harus saya lalui. She did it very well, I'm proud of her... #mendadaklebay

Alhamdulilah, one task is accomplished... bye bye nenen, bye daster berkancing hohoho.... Yang ga kalah penting saya bisa pergi leluasa pake baju yang ga berkancing lagi....

Love u so much my dearest girl ZARA NAFEEZA.... #smooch

2 comments:

  1. Wih Zara hebat ya.. udah ga nenen lagi.. cup cup buat Zara.

    Ofal juga kayanya belakangan ini, mulai suka ga mau kalo ditawarin nenen.. kalo ditawarin cuman suka diliatin aja dan terusin maennya. Padahal sebelum2nya kondisi apapun, ditawarin nenen pasti langsung mau.. jadi mikir apa dia udah mau nyapih sendiri ya? hiks.. hiks.. ini mah bundanya yang belum relaa untuk disapih.. ^^

    ReplyDelete
  2. iy bun klo nyapihnya mau berhasil kyaknya kudu siap 2nya, emang udah brap bln bun?

    ReplyDelete

Nice to read your comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...