Wednesday, September 18, 2013

{Jogja Getaway Part 2}

Kemaren udah dibeberin kulineran jogja disini, sekarang edisi jalan-jalannya

Tadinya kita mau jalan-jalan ke candi borobudur nyewa mobil, eh bejo banget pihak penyelenggara training si papi ngadain jalan-jalan sehari ke candi borobudur & merapi tour. Mayan #emakgirang. 

Terakhir ke borobudur itu pas jaman kuliah dulu, 7 tahun yang lalu kali ya. Waaa udah lama banget. Masih sama sih teteup panaaaaas bok. Apalagi kemaren sampe sana udah tengah hari bolong. Ngelebihin panasnya di pantai. Pake sunblock is a must. Tapi ga usah kuatir sih, banyak pedagang yang jual topi-topi lebar gitu. Baru turun mobil aja langsung diserbu pedagang topi. Kemaren eike beli yang warna shockpink biar mecing sama bajunya #halah :D Pinter-pinter nawar yha bu. Ada sewa payung juga. Kemaren dikasih harga 5rb sampe selese, taunya denger ada yang kasih harga 3rb. 

Sekarang sebelum kita naik ke atas candi borobudur, kita diwajibkan ikut program pemerintah sarungnisasi #efekvickynisasi :D yaitu pake kain sarung batik yang diiket di pinggang. Yang cewe ikatannya ada disebelah kiri, yang cowo disebelah kanan. Berlaku bagi yang udah 17 tahun keatas. Maksudnya sih sebagai penghargaan terhadap candi borobudur sebagai warisan nenek moyang. Si zara kekeh tuh minta dipakein juga, yang ada kelelep kainnya. 

Sebenernya kita rombongan ada tour guidenya, eh tapi ga didengerin, saya sibuk ma bocah. Maklum yang bawa bocah kita sendiri. Si kaka ngomel aja gara-gara kepanasan, gerah, wong topinya ga dipake, lari-lari mulu. Sempet denger waktu tour guidenya cerita ada hotel lux deket borobudur yang tarifnya bisa sampe 20 jutaan/malam. Katanya sih banyak artis luar negeri nginep disitu. Aji gilee kayak apa tuh hotel. 


Udahannya jangan lupa balikin sarung batik & payungnya sebelum pintu keluar. Next time smoga bisa ngerasain sensasi liat sunrise atau sunset di candi borobudur ini. Tapi beda loh HTMnya. Biasanya cuma 10rb kalo sunrise/sunset 250rb/org. Dueng jauh banget bedanya.

Lanjut ke Merapi Tour
Merapi tour ini kayak off road gitu, kita diajak keliling ke daerah bekas pasca erupsi merapi pake mobil jeep atau motor trail. Harga sewa untuk jeep 250rb bisa untuk 4-5 orang, motor trail 150rb. Itu harga untuk short rute (paket reguler 2 jam), ada lagi long rute yang bisa sampe makamnya mbah maridjan dengan harga yang lebih mahal & lebih lama. Ada lagi paket sunrise/malam. Karna kondisi yang tidak memungkinkan untuk bawa bocah apalagi bayi ke atas, debunya banyak bok, ga recommended, jadi eike & krucils ga ikut. Kita nungguin live report di bawah aja, nunggu di warungnya anaknya mbah maridjan. Tapi mayan gemfor ditinggal 2 jam, untung krucils pada bobo nyenyak. 


Based on cerita si papi, diatas diajak ngeliat bekas perumahan penduduk yang udah lulu lantah. Ada satu rumah yang disulap jadi museum barang-barang yang hancur lebur karena erupsi. Trus ada batu gajah & batu alien. Batu gajah itu batu besar yang katanya ga bisa dihancurin pake benda apapun, batu alien katanya punya bentuk mirip orang. Ada lagi bunker yang dulu jadi tempat tragedinya meninggalnya dua orang yang lagi sembunyi disitu waktu erupsi tahun 2006.


Udahannya temennya si papi yang cewe-cewe rambutnya udah berasa pake hair spray, kayak abis sasakan :D Pasir bekas abu vulkaniknya itu loh emang super parah diatas sana. Yang mau olahraga adrenalin perlu dicoba merapi tournya, naik jeep lewat jalan berpasir & berbatu tajam, dengan kecepatan tinggi, jalan yang naik turun dan tikungan tajam, ada jurang, seru yah!

 Bersambung part 3........

No comments:

Post a Comment

Nice to read your comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...